Yosh! Kali ini seperti biasa, ada tugas dari matkul Pengembangan Karakter dikarenakan jadwal minggu ini kosong. Jadi diganti dengan tugas. Tugas kali ini memintaku agar menuliskan apa saja hal-hal yang ingin diubah dalam hidupku minimal 5. Jadi langsung aja, inilah beberapa hal yang ingin aku rubah dalam hidupku.

1. Pemalas
Banyak hal yang aku sesali di masa lalu dan salah satu penyebab utamnya adalah karena aku MALAS! Hal ini juga udah pingin banget aku buang jauh-jauh dari hidupku. Tapi yaa gitu aku terlalu malas untuk membuang rasa malasku (?)
Aku sadar sifat malas ini yang bikin aku gak bisa berkembang dan sesekali menyusahkan orang lain. Maka dari itu aku ingin merubah rasa malasku dengan memanfaatkan rasa malasku.
Jadi gini, semisal aku memiliki tugas dan aku malas untuk mengerjakannya. Aku akan merubah cara berpikirku dengan, ‘Kalau aku menyeselesaikan tugas itu sekarang juga maka setelah itu aku bisa bermalas-malasan sepuasnya.’ Aku sudah menerapkan cara ini akhir-akhir ini dan itu cukup berhasil. Jadi saat ini aku sedang merealisasikannya.

2. Penakut
Selain rasa malas, rasa takut juga salah satu masalah terbesar dalam hidupku. Takut disini bukan seperti aku takut terhadap hal mistis atau takut saat sendirian di tempat gelap. Takut disini lebih ke arah takut menghadapi masa depan. Banyak hal yang telah aku sia-siakan karena rasa takut ini.
Rasa takutku datang saat aku tak bisa mengerjakan tugas padahal deadline tugas itu besok dan akhirnya aku akan menjadi stress. Rasa takutku juga datang saat aku ingin mencoba sesuatu hal yang baru namun potensi untuk gagal terasa lebih besar di banding kemungkinan berhasil.
Jika rasa takutku ini bisa teratasi mungkin aku akan mencapai hal-hal luar biasa dan mungkin juga akan berdampak bagus bagi orang lain. Aku akan merealisasikannya secepatnya, entah kapan (LoL). Gak kok canda doang, mungkin mulai besok.

3. Pesimis
Malas, Takut, dan Pesimis. Lengkap sudah masalah utama dalam hidupku. Berkata optimis itu gampang, tapi mencoba percaya rasa optimis itu susah dan lagi entah knp disaat aku optimis justrus aku sering mendapat hasil yang tidak aku inginkan. Sedangkan saat aku pesimis hasil yang aku dapatkan tidak terduga. Aku sering banget ngerasain hal itu, sejak menyadari hal itu aku jadi lebih sering pesimis. Aku sadar itu gak baik buat diriku sendiri karena itu bisa membuatku gampang putus asa. Jadi aku ingin merubah sikap pesimisku. Aku akan merealisasikannya saat ini juga secara bertahap.

4. Boros
Mungkin banyak temanku terutama teman SMA yang melihatku sebagai orang yang hemat. Memang aku suka sekali menabung tapi sekalinya aku harus memakai uang tabunganku maka yang terjadi aku harus menabung lagi dari nol. Jadi bisa di bilang sekalinya beli barang aku langsung beli yang mahal dan itu benar-benar menggangguku. Karena sering banget tujuan utamaku untuk menabung tertunda karena uangnya terpakai buat kebutuhan lain. Jadi tujuan utama aku menabung gak pernah kesampaian.
Jadi mulai saat ini aku akan lebih bijak dalam memakai uang bulanan dan berusaha untuk tidak memakai uang tabunganku, serta lebih bisa memilih saat membeli. Sehingga tujuan utamaku untuk menabung dapat di jalankan.

5. Berbicara dan berbuat tanpa berpikir
Setelah selesai jalan-jalan/ngumpul bareng teman, aku sering menyesali apa yang telah aku katakan dan apa yang telah aku perbuat. Aku orang yang pendiam tapi saat aku sudah punya teman yang cocok maka aku akan menjadi orang yang banyak omong. Tanpa sadar omonganku terkadang tidak terkontrol dan aku baru sadar kalau aku salah saat aku sudah gak bersama teman-temanku lagi.
Jadi aku ingin lebih berhati-hati saat berbicara dan berbuat agar aku tidak sering menyesal dan tidak membuat temanku merasa risih denganku. Aku akan merealisasikkannya mulai sekarang.

Itulah beberapa hal yang ingin aku rubah dalam hidupku. Kalau ditanya masih ada atau tidak jawabannya mungkin masih banyak. Tapi hanya ini yang saat ini terpikirkan olehku.